Jenis Jenis Keris

 

Beberapa Jenis Keris Yang Ada


Keris adalah salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia. Keris dijadikan senjata khas di berbagai daerah di Indonesia. Apa saja jenis keris yang ada di tanah air? Berikut Jenis Jenis Keris yang ada di Indonesia.


Namun hal ini tidak keseluruhanya, karena bagaimanapun masih puluhan atau bahkan ratusan jenis keris yang ada di bumi nusantara ini.

Jenis Jenis Keris Pusaka :

  • Jenis Keris Semenanjung 

Jenis ini merupakan jenis keris yang ditemukan di tanah Melayu, sebagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan di tanah Melayu. Bentuk keris ini dinamakan keris Ulu Demam, mengacu pada bentuknya yang mirip orang berpelukan karena demam. Ukiran keris ini didominasi ukiran bentuk persegi empat, khas ukuran jenis keris semenanjung.

  • Jenis Keris Pekakak

Keris ini dinamakan Pekakak karena ulunya terbuat dari tanduk atau kayu yang kemudian dibentuk seperti burung Pekakak. Salah satu ciri khas dari jenis ini adalah mata keris yang lebih panjang dari mata keris pada umumnya. Keris Pekakak bisa memiliki 31 luk di mata kerisnya.

  • Jenis Keris Sumatra

Keris jenis ini memiliki bentuk khas pada mata, ulu dan sarungnya. Keris model ini memiliki mata berbentuk tirus dan memanjang yang kemudian di sebut keris Panjang. Ada sebagian keris di Sumatra yang bermata pendek dan kemudian dikenal dengan sebutan keris Pendek atau Pandak. Ulu keris ini berbentuk bengkok dengan ornament bunga-bungaan sebagai hiasan.

  • Jenis Keris Jawa

Jenis ini terlihat dari ciri khas pada ulunya yang berbentuk melengkung seperti pistol. Biasanya, keris model ini digunakan sebagai keris pusaka di jaman kerajaan-kerajaan di Jawa dahulu. Keris-keris pusaka Jawa yang terkenal adalah keris di jaman Kerajaan Singasari buatan Mpu Gandring. 

Pada keris Jawa, terutama keris pusaka, dipasang cincin pada bagian ulunya yang disebut dengan pendongkok.

  • Jenis Keris Lainya
Setelah keris-keris di atas termasuk keris Jawa, masih ada beragam macam keris yang lain seperti keris Madura dan Bali. Berbeda dengan keris Jawa, keris Madura dan Keris Bali mudah dikenali dari bentuk ulu yang terbuat dari gading.
Jenis Jenis Keris Jenis Jenis Keris Reviewed by Unknown on 18.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Slots, Tablets, Game Boy, and Game Boy - Snk 21
    Find your favorite video poker, video video video slots, video bingo and 온라인카지노 video poker games (over 70,000) on Snk21 - the best online slots 우리카지노 site.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.